Pages

Minggu, 22 Juni 2014

Mulai belajar menggunakan extention tube

Extension tube adalah sebuah alat yang dipasang antara body kamera dan lensa, sehingga secara efektif menambah jarak antara elemen depan lensa dan bidang sensor, yang pada akhirnya akan meningkatkan perbesaran lensa dan mengubah minimum focusing distance. Extention tube sangat efektif digunakan sebagai alat bantu lensa sebagai pengganti/ alternatif untuk memotret makro. Keuntungan utama extension tube adalah dapat digunakan di semua lensa. Namun jenis lensa yang paling ideal adalah lensa dengan rentang panjang focal antara 24 mm sampai dengan 90 mm, jadi kalau anda memiliki lensa kit 18-55mm atau memiliki lensa prime 50mm. 


Cara menggunakan extention tube manual ini relatif mudah. Pada kamera CANON hal pertama yang harus dilakukan adalah denganmengatur diafragma yang dikehendaki ditambah dengan menekan tombol DOF (depth of field) dalam kondisi kamera "on". kemudian lepas lensa dari body kamera. Setelah itu pasang extention tube ke body kamera dan pasangkan kembali lensa ke extention tube.

Sedangkan untuk kamera NIKON kita hanya melepas lensa dari body, kemudian tuas diafragma (berada dibagian belakang lensa) di beri kertas atau plastik tau juga bisa menggunakan selotip untuk menahan tuas tersebut, biasanya dilakukan apabila menggunakan lensa AF-D. Besar diafragma hanya bisa dikira2 tidak ada bialangan angka. Kemudian pasang extention tube ke body kamera dan pasangkan juga lensa pada extention tube.
sebaiknya tambahkan flash external untuk memotret makro dengan menggunakan metode ini untuk membantu pencahayaan. 
Dibawah ini adalah beberapa foto yang saya abadikan menggunakan nikon d80+extention tube+kit 18-135mm+flash external.















2 comment:

  1. Gan mau tanya dongg, kalo lensanya telanjur dipake extube(ring) tanpa diganjel kertas, cara lepasnya gimana yaa??

    BalasHapus
  2. Gan mau tanya dongg, kalo lensanya telanjur dipake extube(ring) tanpa diganjel kertas, cara lepasnya gimana yaa??

    BalasHapus